Lompat ke isi utama

Berita

Pesan Denny Kepada Panwascam : Lakukan Tugas Seperti Untuk Tuhan dan Bukan Untuk Manusia

Pesan Denny Kepada Panwascam : Lakukan Tugas Seperti Untuk Tuhan dan Bukan Untuk Manusia
\n

Waingapu, Bawslu Sumba Timur  – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) mendapatkan pembekalan dari Anggota Bawaslu Sumba Timur Denny Harakai sebelum menjalankan tugas sebagai Pengawas Pemilu 2024 mendatang.

\n\n\n\n

“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman Panwascam yang hari ini telah dilantik dan juga menjadi bagian dari keluarga besar Bawaslu Sumba Timur. Diharpakan pada pembekalan ini,  teman-teman Panwascam bisa serius agar dapat menyerap ilmu dengan sebaik-baiknya.“ kata Denny saat memberikan materi di Hotel Padadita, Sabtu (29/10/2022).

\n\n\n\n

Dalam materinya tentang Penanganan Temuan dan Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu, Denny menjelaskan bahwa Panwascam memiliki kewengan untuk melakukan penangan dugaan pelanggaran.

\n\n\n\n

“Sesuai pasal 106 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Panwascam memiliki kewenangan, beberapa diantaranya adalah menerima dan menindak lanjuti laporan yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Pemilu. Dan merekomendasikan kepada instansi yang bersangkutan mengenai hasil pengawasan diwilayah kecamatan terhadap netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kampanye sebagaimana diatur dalam UU Pemilu. “ tuturnya.

\n\n\n\n

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) ini juga menghimbau agar Panwascam sekembalinya ke Kecamatan dapat melakukan silaturahmi kepada pemerintah setempat, tokoh-tokoh masyarakat dan membangun kerjasama untuk mengawal Pemilu 2024.

\n\n\n\n

“Banyak sarjana yang nganggur di kecamatan-kecamatan, mereka adalah kaum intelektual yang memiliki potensi, rangkul mereka dan bangun kerja sama agar berpartisipasi dalam mengawasi Pemilu 2024 yang kita hadapi. Semua elemen harus dirangkul, baik pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat, pemuda-pemudi dan tokoh agama.” urainya.

\n\n\n\n

Dia juga berpesan dalam melaksanakan tugas sebagai Pengawas Pemilu, mengesampingkan kepentingan pribadi, melakukan tugas dengan tulus dan penuh tanggung jawab.

\n\n\n\n

“Lakukan tugas dengan segenap hatimu, lakukanlah seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” imbuhnya.

\n\n\n\n

Selain itu juga menurutnya, banyak pekerjaan didepan mata yang harus dilaksanakan segera. Ia berharap kepada Panwascam bisa memahami tupoksinya sebagai Pengawas Pemilu.

\n\n\n\n

“Saat ini dihadapkan dengan proses pengawasan verifikasi faktual anggota partai politik, dan akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih dan sampai dengan tahapan inti yaitu pemungutan dan perhitungan surat suara (tungsura) dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil.” terangnya.

\n\n\n\n

“Kedepannya, saya berharap agar Panwascam dapat bekerja secara profesional, menjaga integritas  dan jauh dari konflik kepentingan.” sambungnya lagi.

\n\n\n\n

(Umbu Andu)

\n