Lompat ke isi utama

Berita

Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih dimulai, Bawaslu Sumba Timur Perkuat Kapasitas Panwascam

Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih dimulai, Bawaslu Sumba Timur Perkuat Kapasitas Panwascam

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur; - Memasuki Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur gelar kegiatan penguatan kapasitas bagi jajaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Penguatan kapasitas dalam rangka penyamaan persepsi bagi jajaran Panwascam dalam pelaksanaan tugas dan wewenang pengawasan tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih sesuai ketentuan yang telah ditentukan.

Kegiatan yang berlangsung di Gereja Kristen Sumba (GKS) Manubara itu diikuti 66 orang peserta yang terdiri dari 44 orang Komisioner Panwascam dan 22 orang lainnya staf pelaksana teknis Pawascam, Selasa (25/62024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu mengatakan penguatan kapasitas sifatnya berjenjang hingga ke level Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), untuk itu, informasi yang diterima saat ini sampai pula ke PKD. Ia juga meminta tugas pengawasan yang dilakukan PKD selalu di pantau apakah terlaksana atau tidak.

Lakukan penguatan kapasitas bagi rekan kita PKD agar mereka paham apa yang harus dilakukan. Kita inginkan PKD dalam melakukan pengawasan memiliki pengetahuan yang luas dan kerja yang terarah." ungkap pria yang akrab disapa Umbu Hina itu saat meyampaikan arahan pembukanya.

Dalam kesempatan itu, Dirinya mengingatkan Panwascam untuk mengontrol kerja PKD agar malakukan pengawasan melekat dan memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melaksanakan tugasnya dengan benar.

Umbu Hina juga minta Panwascam berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pemerintah Kecamatan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Meski begitu, Dia menegaskan bahwa sebagai pengawas kita harus punya basis data mandiri, salah satunya dengan pengawasan dengan metode sampling/uji petik.

"Kita berharap agar jajaran pengawas di Desa atau Kelurahan tidak memaksakan kehendak di lapangan untuk mengandalkan data-data dari penyelenggara teknis, kita harus punya basis data mandiri,” Imbuhnya.

Dia tekankan agar data pemilih yang dihasilkan benar-benar valid (sesuai keadaan) sehingga output data yang dihasilkan komprehensif.

Terakhir, Umbu Hina berharap Panwascam selalu mengedepankan soliditas dan tertib dalam setiap kegiatan, Dia bahkan tak ingin dalam pelaksanaan tugas-tugas pengawasan, jangan sampai saling menyalahkan.

“Ke depan saya berharap, kawan-kawan Pamwascam harus berkolaborasi untuk menyelesaikan tugas bersama,” ujarnya.

ada kegiatan tersebut juga hadir sebagai narasumber anggota KPU Kabupaten Sumba Timur Muhmmad Naufal memberikan materi terkait Tata Cara Pemutakhiran Data Pemilih dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Timur Safrianti Ina Ina Dapadeda, S.Sos dengan materi terkait Dukungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Untuk Akurasi Data Pemilih Pada Pemilihan Tahun 2024.

(Umbu Andu)