Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Umumkan Hasil Tes Wawancara Calon Panwascam Untuk Pemilu 2024

Bawaslu Sumba Timur Umumkan Hasil Tes Wawancara Calon Panwascam Untuk Pemilu 2024
\n

Waingapu, Bawslu Sumba Timur  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur telah merampungkan hasil tes wawancara calon anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024.

\n\n\n\n

Sebanyak 66 orang dinyatakan lulus dan akan dilantik sebagai Pangawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Sumba Timur untuk mengawal seluruh proses tahapan Pemilu 2024.

\n\n\n\n

Pengumuman dapat dilihat pada Kantor Bawaslu Sumba Timur Jl. Pemuda No. 14 Kel. Matawai, Kota Waingapu, Rabu (26/10/2022) atau di link: https://sumbatimur.bawaslu.go.id/category/pengumuman/

\n\n\n\n

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji sekaligus pembekalan Panwascam akan di laksanakan tanggal 29-30 Oktober 2024. Khusus pelantikan akan dilaksanakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, mulai pukul 09.00 wita sampai selesai. Terhadap nama – nama yang akan dilantik yang sebelumnya pernah memasukan surat keterangan sehat dari rumah sakit swasta yang dilampirkan dalam lamaran calon Panwascam agar mengganti surat keterangan sehat tersebut yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah sekaligus menyerahkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah paling lambat tanggal 28 Oktober 2022 atau satu hari sebelum pelantikan. Demikian kata Anwar di kantor Bawaslu Sumba Timur, Rabu (26/10).

\n\n\n\n

Kemudian lanjut Anwar, usai pelantikan Panwascam akan berpindah ketempat dilaksanakannya pembekalan tersebut.

\n\n\n\n

“Berhubung gedungnya luas, jadi kita memilih Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi untuk pelantikannya saja, setelah pelantikan kita langsung bergeser di tempat penginapan yang merupakan lokasi pembekalan atau pelatihan bagi Panwascam yang dilaksanakan selama 2 hari.” ungkapnya.

\n\n\n\n

Dia juga mengatakan, beban Bawaslu Sumba Timur sedikit lebih ringan dengan terbentuknya Panwascam dalam melakukan pengawasan kedepannya.

\n\n\n\n

“Saat ini kita memasuki tahapan verifikasi faktual anggota Partai Politik, kita merasa terbantu karena rekan kita Panwascam telah terbentuk. Mereka akan membantu saat kita turun Kecamatan karena mereka yang menguasai medan. “ ujar Anwar.

\n\n\n\n

“Bagi calon Panwascam yang akan dilantik agar berpakaian adat sesuai daerah asal masing-masing, (laki-laki kalambung hinggi beserta asesoris lainnya sedangkan perempuan memakai sarung dan tiduhai).” tambahnya lagi. (Umbu Andu)

\n"