Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Umumkan Hasil Evaluasi Kinerja Panwaslu Kecamatan Existing, 62 Orang Dinyatakan Lolos Evaluasi

Bawaslu Sumba Timur Umumkan Hasil Evaluasi Kinerja Panwaslu Kecamatan Existing, 62 Orang Dinyatakan Lolos Evaluasi

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu, usai wawancara diruang kerjanya, Kamis (2/5/2024). (Foto/Humas Bawaslu Sumba Timur)

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur; Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur resmi mengumumkan nama-nama Panwaslu Kecamatan Existing setelah melalui rangkaian tahapan evaluasi kinerja. Sebanyak 62 orang dinyatakan lolos untuk mengawasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Pengumuman Panwaslu Kecamatan Existing terpilih itu melalui surat Bawaslu Sumba Timur nomor 034/KP.01.00/K.NT-19/05/2024, tanggal 2 Mei Tahun 2024 perihal Pengumuman Peserta Existing Yang Memenuhi Syarat Sebagai Calon Anggota Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilihan 2024 Berdasarkan Penilaian Hasil Evaluasi Kinerja.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Komisioner Bawaslu Sumba Timur, terdapat 4 Kecamatan mengalami kekosongan kuota Panwascam diantaranya: Kecamatan Mahu, Kecamatan Wulla Waijelu, Kecamatan Lewa Tidahu dan Kecamatan Kanatang.

Kebutuhan masing-masing Kecamatan sebanyak 1 orang sehingga akan dilakukan perekrutan secara terbuka untuk pendaftar baru.

Ketua Bawaslu Sumba Timur Hina Mehang Patalu mengakatan, evaluasi kinerja ini dilakukan secara obyektif dan menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas Panwaslu selama Pemilu 2024.

“Apa yang dilakukan kawan-kawan selama ini kan terpantau. Kami melakukan penilaian secara obyektif tanpa ada unsur suka atau tidak suka. Panwaslu yang kinerjanya bagus dipertahankan,” ungkapnya di Kantor Bawaslu Sumba Timur, Kamis (2/5/24).

Ia pun berharap Panwascam terpilih mempertahankan kinerjanya, bahkan ditingkatkan lagi kedepannya. Bagi Panwaslu yang tidak lolos, lanjut pria yang kerab disapa Umbu Hina itu, jangan berkecil hati, apa lagi minder. Jadikan ini sebagai momen merefleksi diri agar lebih baik kedepannya. Menurutnya, pertemanan harus tetap dirawat sekalipun tidak lagi bersama.

“Evaluasi ini haruslah dimaknai positif, bagi Panwascam yang tepilih jangan juga berlebihan, begitupun yang tidak terpilih jangan merasa kecil hati. Terima kasih untuk dedikasi waktu, pikiran dan tenaga selama mengawal Pemilu yang telah kita lewati. Meski tidak lagi di Bawaslu, tapi silahturahmi tetap berkesinambungan,” ujarnya. 

Lebih lanjut kata Umbu Hina, masa kerja Panwascam terhitung sejak tanggal pelantikan, sesuai jadwal, Pelantikan dan Pembekalan Panwas Kecamatan akan dilaksanakan tanggal 24-25 Mei 2024. Ia pun meminta Panwascam nantinya serius dalam bekerja mengingat konstelasi politik pada Pemilu dan Pilkada berbeda.

“Iklim politik di level Kabupaten berbeda dengan level Nasional. Fenomenanya lebih terasa di Kabupaten. Untuk itu, Panwascam harus pro aktif dan sungguh-sungguh melakukan pengawasan. Pilkada yang jujur dan bersih menjadi cita-cita kita bersama,” ujar Umbu Hina menambahkan.

Untuk diketahui, pengumuman Panwaslu Kecamatan existing terpilih dapat diundah malalui tautan berikut Pengumuman-Peserta-Existing-yang-memenuhi-syarat-sebagai-Panwaslu-KecamatanUnduh

Atau dapat dilihat langsung pada Kantor Bawaslu Sumba Timur, Jl. Muara Karya No. 10 Kelurahan Kamalaputi, Kecamatan Kota Waingapu.

Penulis dan Foto : Umbu Andu

Editor : Junaidin Wawo Seto