Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Mulai Membuka Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024

Bawaslu Sumba Timur Mulai Membuka Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024
\n

Waingapu, Bawslu Sumba Timur  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur  mulai membuka Pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan untuk Pemilu Tahun 2024.

\n\n\n\n

Sebelumnya, sosialisasi rekrutmen ini telah dimulai sejak tanggal 10 September 2022 di media sosial, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan pada 15-16 September 2022 untuk diteruskan ke kelurahan/desa setempat.

\n\n\n\n

Ketua Bawaslu Sumba Timur Anwar Engga selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutran Panwascam, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (21/09/2022) menyebutkan sosialisasi telah dilakukan dengan memasang spanduk dan publikasi di media sosial. Hal ini dilakukan agar informasi mengenai perekrutan ini dapat dijangkau lebih luas.

\n\n\n\n

“Langkah-langkah sosialisasi telah kita lakukan, berharap semakin banyak calon-calon yang mendaftar semakin bagus. Artinya pilihan kita semakin banyak dan tentu saja semakin banyak pilihan semakin berkualitas juga SDM (sumber daya manusia) yang bakal kita rekrut,” ucapnya.

\n\n\n\n

Anwar mengatakan lagi, proses pendaftaran serta seleksi administrasi akan dilakukan hingga Oktober 2022 dan hasilnya rencana akan diumumkan pada 12 Oktober 2022. Setelah seleksi administrasi, peserta akan mengikuti seleksi kompetensi berbasis komputer atau CAT (Computer Assisted Test) dan wawancara.

\n\n\n\n

“Dari semua pendaftar, hasil dari CAT akan kita ranking nilainya, dari yang paling tinggi sampai yang keenam, artinya 6 orang itu yang akan kita ambil untuk pelaksanaan tes wawancara per kecamatan,” katanya.

\n\n\n\n

Lanjut Kordiv SDMO ini, untuk tes tertulis dan wawancara dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sehingga rentan waktu yang masih ada sampai tahapan pelaksanaan tes bisa dimafaatkan oleh pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik.

\n\n\n\n

“Calon Panwaslu Kecamatan akan mengikuti tes tertulis pada 14-16 Oktober 2022, kemudian wawancara pada 18-22 oktober 2022, sedangkan pelantikan dan pembekalan untuk yang terpilih dilaksanakan pada 26-28 oktober 2022. Harapannya semua bisa berjalan lancar dan menghasilkan Panwaslu Kecamatan seperti yang  diharapkan, dan proses penyelenggaraan demokrasi pemilu tahun 2024 mendatang bisa berjalan dengan damai jujur dan adil, imbuhnya.

\n\n\n\n

Untuk waktu pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran sambung Kordiv SDMO ini, mengacu pada hari kelender sehingga hari raya tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

\n\n\n\n

“Sesuai jadwal pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran yaitu 7 hari mulai tanggal 21-27 September 2022, pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 17.00 Wita dan untuk hari Mnggu Kelompok Pembentukan Panwascam (POKJA) tetap melaksanakan aktivitas penerimaan berkas pendaftaran. Khusus tanggal 27 September 2022 pendaftaran akan ditutup pukul 23.59 Wita” pungkasnya. (Umbu Andu)

\n"