Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Harap Data Agregat Kependudukan Untuk Pemilu 2024 Lebih Baik Dan Akurat

Bawaslu Sumba Timur Harap Data Agregat Kependudukan Untuk Pemilu 2024 Lebih Baik Dan Akurat
\n

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Data Kependudukan Kabupaten Sumba Timur di periode semester I pada bulan Juni tahun 2022 diharapkan lebih baik dan Akurat, demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Anwar Engga pada kegiatan Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan bersama Kepala Desa dan Lurah.

\n\n\n\n

Menurutnya Kualitas Data Kependudukan yang lebih Baik dan Akurat berpengaruh pada Kualitas Data Agregat Kependudukan (DAK) dan kemudian juga berpengaruh pada kualitas Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pemilu tahun 2024.

\n\n\n\n

“kualitas Data kependudukan seterusnya akan berpengaruh pada kualitas DAK dan juga DP4 untuk Pemilu tahun 2024”, tandasnya.

\n\n\n\n

Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Sumba Timur ini mengatakan harapan akan Data Kependudukan Kabupaten Sumba Timur yang baik dan akurat menjadi patokan atau dasar dalam perbaikan dan penyusunan DAK yang sangat berpengaruh dalam penyusunan DP4 untuk Pemilu tahun 2024.

\n\n\n\n

“data kependudukan Sumba Timur yang baik dan akurat menjadi patokan atau dasar perbaikan dan penyusunan DAK yang mempengaruhi DP4 untuk Pemilu 2024”, tegasnya.

\n\n\n\n

Dikatakan pula DAK yang baik dan akurat dimana juga akan mempengaruhi kualitas DP4 menjadi lebih baik dan akurat untuk pemilu tahun 2024 nantinya diharapkan akan lebih baik dan akurat dari Pemilu sebelumnya.

\n\n\n\n

“diharapkan nantinya akan lebih baik dari Pemilu sebelumnya”, ujar Anwar.

\n\n\n\n

Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan bersama sejumlah 20 Kepala Desa dan Lurah di Sumba Timur berlangsung di ruang rapat sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Rabu (20/4/2022).

\n\n\n\n

Kegiatan tersebut dibuka Ketua Bawaslu Kabupten Sumba Timur, Anwar Engga yang didampingi oleh anggota masing-masing Hina Mehang Patalu dan Denny Harakai serta Koordinator Sekretariat Christian Nataniel Heri Wulang.

\n\n\n\n

Dihadirkan sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Timur Safriyanti Ina Dapadeda dan Camat Kota Waingapu Praina Kamba Ipu yang dimoderatori Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Christian Nataniel Hery Wulang.

\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n

Dalam sambutan pembukaan, Anwar Engga mengatakan peran melakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) ini berada di lembaga KPU, dan tugas Bawaslu adalah untuk mengawasi proses Pemutahiran DPB tersebut.

\n\n\n\n

“Peran melakukan Pemutahiran DPB ada di lembaga KPU, dan Bawaslu bertugas mengawasi itu”, ujarnya.

\n\n\n\n

Lebih lanjut menurutnya sebagai penyelenggara Pemilu kita dituntut untuk dapat menghasilkan Data Pemilu untuk Pemilu tahun 2024 agar lebih baik dan akurat.

\n\n\n\n

“sebagai penyelengara, kita dituntut menghasilkan Data Pemilih yang lebih baik dan akurat”, tandasnya.

\n\n\n\n

KPU tidak bisa berbuat banyak dengan Data Pemilih yang ada, KPU sangat bergantung dengan data penduduk yang dibuat dan diperbaharui oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

\n\n\n\n

“terkait data pemilih KPU bergantung pada data penduduk yang dibuat dan diperbahurui Disdukcapil”, bebernya.

\n\n\n\n

Kordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Data dan Informasi ini mengatakan bahwa diyakini pula Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga tidak dapat berbuat banyak dalam memperbaiki Data Kependudukan kalau tidak ada peran dari Desa dan Kelurahan bahkan hingga Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

\n\n\n\n

Menutup sambutannya dikatakan lewat kegiatan ini diharapkan menjadi spirit bersama untuk perbaikan Data Kependudukan dan inklud didalamnya kepentingan Data Pemilih untuk Tahun 2024 terkait pengelolaan Data Pemilih Tidak memenuhi Syarat seperti meninggal dan pindah Domisili dan Data pemilih yang memenuhi syarat terkhusus Data Pemilih usia 17 tahun ke atas agar dapat tercover dalam Data Pemilih Tahun 2024. ( Yohanis Landi )

\n\n\n\n\n\n\n"