Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Gelar Tes Tertulis Untuk Calon Panwascam

Bawaslu Sumba Timur Gelar Tes Tertulis Untuk Calon Panwascam
\n

Waingapu, Bawslu Sumba Timur  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur melaksanakan tes tertulis bagi calon Panwascam untuk Pemilu 2024, bertempat di SMKN 2 Waingapu, Jl. Adam Malik, Kel. Kambajawa, Kota Waingapu, Jumat (14/10/2022).

\n\n\n\n

Tes tertulis dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 14-15 Oktober 2022 berbasis komputer atau CAT (Computer Assisted Test) Socrative dengan pola perserta dibagi sesi per harinya, dimana hari pertama 3 sesi sedangkan hari kedua 4 sesi, mulai pukul 08.00 wita sampai selesai.

\n\n\n\n

Ketua Bawaslu Sumba Timur, Anwar Engga, SE mengatakan, pelaksanaan tes tertulis dengan metode CAT merupakan kali kedua meskipun dari beberapa pendaftar ada yang pertama kali menggunakannya.

\n\n\n\n

“Ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Bawaslu, pertama dilaksanakan tahun 2020 dan sekarang kali kedua untuk Pemilu 2024. Dari semua perserta tes, ada yang pertama kali mengikuti dan ada yang pernah mengikuti sebelumnya. Bagi yang sudah pernah saya pikir meraka sudah paham prosesnya. Meskipun demikian, Pokja perekrutan tetap menyampaikan cara penggunaan CAT sebelum tes dimulai agar semua peserta paham langkah-langkahnya.” kata Anwar saat memantau peserta di lokasi tes, Jumat (14/10).  

\n\n\n\n

Menurut Anwar, penggunaan CAT lebih objektif  karena nilai hasil uji kualitas para calon Panwascam akan langsung terkoneksi secara otomatis ke pihak Bawaslu RI. Sementara untuk penilaian hasil tes wawancara bagi calon Panwascam akan diberikan oleh Bawaslu Kabupaten.

\n\n\n\n

“Sesuai juknis, nilai tes tertulis akan diakumulasi dengan nilai pada saat wawancara. Ini juga ada rumusnya untuk menentukan peringkat setiap peserta untuk ditetapkan menjadi Panwascam. Kami tetap berupaya untuk menjaga obyektifitas agar mendapatkan Panwascam yang berkualitas” ucapnya.

\n\n\n\n

Ia juga menghimbau agar peserta dapat menyelesaikan soal tes tepat waktu.

\n\n\n\n

“Waktu yang diberikan sangat terbatas, oleh karena itu, peserta dihimbau agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin, artinya sistem akan tertutup otomatis meskipun ada soal yang belum selesai dikerjakan.” ujar Anwar.

\n\n\n\n

(Umbu Andu)

\n