Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Gelar Tes CAT Bagi  Calon Panwascam Pilkada 2024

Bawaslu Sumba Timur Gelar Tes CAT Bagi  Calon Panwascam Pilkada 2024

Calon Anggota Pawascam melaksanakan ter tertulis di laboratorium komputer SMKN 2 Waingapu, Selasa (14/5/2024). Foto/Humas Bawaslu Sumba Timur

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur; Tahapan tes tertulis dengan metode Computer Asisted Test (CAT) untuk calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Sumba Timur, dilaksanakan hari ini, Selasa (14/5/2024).

Sebanyak 19 peserta calon anggota Panwascam Sumba Timur mengikuti tes tertulis dilaksanakan di Laboratorium Komputer Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 2) Waingapu.

Dari 20 peserta yang lolos seleksi adminstrasi, terdapat peserta yang tidak hadir mengikuti tes CAT, yakni 1 orang peserta dari Kecamatan Wulla Waijelu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu menyebutkan peserta yang lolos tes ini akan dijaring sebanyak 2 orang di masing-masing kecamatan, selanjutnya dilakukan seleksi tahapan berikutnya.

“Peserta yang lolos tes tertulis akan mengikuti tes wawancara, nanti dari hasil wawancara baru ditetapkan satu orang untuk masing-masing kecamatan” jelas pria yang akrab disapa Umbu Hina saat di jumpai dilokasi tes, Selasa (14/5/24).

Umbu Hina menuturkan ada empat kecamatan yang membutuhkan panwascam baru yakni Kecamatan Wulla Waijelu, Mahu, Kanatang, dan Lewa Tidahu. Dari empat kecamatan tersebut, Bawaslu Sumba Timur membutuhkan empat panwascam baru dengan kebutuhan masing-masing Kecamatan sebanyak 1 orang.

Kebutuhan tersebut mengacu dari hasil evaluasi Panwaslu Kecamatan existing untuk Pemilu 2024 pada tanggal 26-27 April 2024 lalu.

“Kita evaluasi panwaslu yang Pemilu 2024. Yang lolos itu 62 orang dan empat sisanya tidak lolos,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, tahapan tes wawancara akan dijadwalkan tanggal 18 Mei 2024. “Wawancara merupakan bagian akhir dari seleksi calon anggota Panwascam untuk menggali kemampuan dan pemahaman pelamar,” terangnya.

Lalu, pelantikan dan pembekalan Panwascam terpilih, sambung Dia, akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Mei 2024 mendatang. “Jadi begitu mereka dilantik, mereka sudah siap melaksanakan tugas,” bebernya.

(Umbu Andu)