Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Berkomitmen Menyajikan Informasi Yang Di Butuhkan Publik

Bawaslu Sumba Timur Berkomitmen Menyajikan Informasi Yang Di Butuhkan Publik
\n

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur selenggarakan rapat pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publik bagi 22 Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/03/2022).
Kegiatan ini dibuka oleh Koordintor Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Kordiv PHL) dan hadir juga Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur Melpi M. Marpaung (Kordiv Hukum, Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi ) dan Pejabat Fungsional Bawaslu NTT.
Dalam sambutan Pembukaannya, anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jemris Fointuna mengatakan Kegiatan ini dalam rangka strategi Bawaslu mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi momentum pesta demokrasi yang di tungu masyarakat seluruh Indonesia yaitu Pemilu 2024.
“kegiatan ini untuk mempersiapkan diri sejak dini dalam menghadapi momentum pesta demokrasi yang di tungu masyarakat Indonesia yaitu Pemilu 2024”, katanya.
Lebih lanjut menurut Jemris menjelaskan bahwa dalam hal pengelolaan dan penyampaian informasi publik yang baik dimana kemudian apapun informasi yg dibutuhkan publik maka hal itu harus dikelola dan dipublikasikan atau disampaikan kepada Publik dengan baik.
“informasi publik yang dibutuhkan masyarakat, maka kita kelola dengan baik, lalu kita publikasikan atau disampaikan kepada Publik”, jelas Jemris.
Dihadirkan sebagai narasumber melalui metode daring dalam kegiatan rapat ini adalah Muhammad rofiuddin yang juga adalah Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan Narasumber dengan metode tatap muka langsung adalah Melpi M. Marpaung yang adalah Anggota Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Hina Mehang Patalu yang mengikuti kegiatan ini di Kupang menegaskan bahwa Bawaslu Kabupaten Sumba Timur telah siap dan berkomitmen menyampaikan Informasi publik dengan baik sesuai kondisi dan permintaan atau kebutuhan.
“Bawaslu Kabupaten Sumba Timur telah siap dan berkomitmen menyajikan atau menyampaikan informasi public secara baik sesuai kebutuhan”, tegasnya.
Menurut Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur ini menyampaikan, kegiatan ini sangat berguna dan menjadi bekal untuk Bawaslu Kabupaten/Kota khususnya Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dalam mengelola Kehumasan lembaga, Peliputan dan dokumentasi serta dalam mengelola dan penyampaian informasi publik agar lebih baik ke depan.
“kegiatan ini sangat berguna, bekal buat Bawaslu Kabupaten/Kota khusus Sumba Timur dalam mengelola Kehumasan, Peliputan dan Dokumentasi serta mengelola informasi publik lebih baik lagi”, ujarya
Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Sumba Timur ini juga menjelaskan perkembangan dan sarana pengelolaan penyampaian informasi publik di lembaga Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dilakukan melalui beberapa cara seperti memberikan informasi kepada pemohon yang datang langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Suma Timur maupun secara intens informasi yang selalu di sampaikan ke publik melalui media resmi lembaga yaitu website, Youtube, Twiter, Facebook dan PPID.
“perkembangan pengelolaan dan informasi publik di Bawaslu Sumba Timur diberikan ke pemohon yang datang langsung, dan melui website, Youtube, Twiter, Facebook dan PPID yang selalu di sampaikan ke public”, tuturnya
Untuk distribusi pengetahuan dan memperkuat kapasitas bagi lembaga Bawaslu Kabupaten Sumba Timur maka akan dilakukan kegiatan peningkatan kapasitas terkait dengan Kehumasan, Peliputan dan dolumentasi serta informasi publik kepada jajaran Pimpinn dan Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini yang diikuti ini.
“Sepulang dari kupang, akan di lakukan peningkatan kapasitas terkait dengan Kehumasan, Peliputan dan dolumentasi serta informasi publik kepada teman-teman sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini”, tandasnya.
Kegiatan rapat pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi ini dikuti langsung oleh 22 Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Kota di Kupang dan juga diikuti secara daring oleh Staf Humas dan Hubal di masing-masing sekretariat Bawaslu Kabupaten Kota se NTT. ( Yohanis Landi )

\n\n\n\n22 Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Kota sebagi Peserta Kegiatan dalam rapat pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi yang diselenggaran oleh Bawaslu Provinsi Nusa Tenggra Timur, di Kupang 25 Maret 2022. Doc Foto: Hina Mehang Patalu (Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur).\n\n\n\nTampak Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Hina Mehang Patalu (Berkemeja Batik Coklat) sedang seius mengikuti kegiatan rapat pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi yang diselenggaran oleh Bawaslu Provinsi Nusa Tenggra Timur, di Kupang 25 Maret 2022. Doc Foto: Hina Mehang Patalu (Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur).\n"