Lompat ke isi utama

Berita

390 Orang Calon Panwascam Lolos Seleksi Administrasi, Ini Tahapan Selanjutnya

390 Orang Calon Panwascam Lolos Seleksi Administrasi, Ini Tahapan Selanjutnya
\n

Waingapu, Bawslu Sumba Timur  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur telah melakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi calon Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu Tahun 2024,

\n\n\n\n

Hal ini sesuai dengan amanat pasal 132 ayat 1  UU N0. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyebutkan bahwa anggota Panwaslu Kecamatan diseleksi dan ditetapkan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota.

\n\n\n\n

Sesuai jadwal, hasil seleksi administrasi diumumkan hari ini, Rabu (12/10/2022), bertempat di Kantor Bawaslu Sumba Timur, Jl. Pemuda No. 14 Kel. Matawai, Kota Waingapu, maupun diumumkan pada media sosial lainnya.

\n\n\n\n

Anwar Engga selaku ketua Kelompok Kerja (Pokja) perekrutan Panwascam mengatakan atusiasme pendaftar untuk calon Panwascam Pemilu 2024 cukup tinggi dibandingkan tahun 2020.

\n\n\n\n

“Dibandingkan tahun 2020, pendaftar kali ini jauh lebih banyak, atusiasme pelamar cukup tinggi hingga mencapai 392 orang dengan komposisi 260 orang laki-laki dan 132 orang perempuan dengan latar belakang pendidikan SMA/Sederajat hingga Strata dua (S2). Namun dari total 392 orang pendaftar, 390 orang yang dinyatakan lulus seleksi administasi” kata Anwar di Kantor Bawaslu Sumba Timur, Rabu (12/10).

\n\n\n\n

Ia juga mengatakan pendaftar calon Panwascam datang dari berbagai kalangan dan latar belakang pengalaman pekerjaan yang berbeda.

\n\n\n\n

“Pendaftar sebagian besar pernah menjadi panitia pengawas Kel/Desa (PKD), (KPPS), (PPS) dan (PPK) saat Pilkada lalu. Bahkan generasi muda juga cukup banyak, artinya pendaftar calon Panwascam tidak saja didominasi oleh warga yang sebelumnya pernah menjadi Panwascam.” ujarnya.

\n\n\n\n

Anwar juga meminta masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap rekam jejak calon Panwascam yang akan direkrut.

\n\n\n\n

“Saya mempersilahkan kepada masyarakat untuk menilai calon Panwascam sebagai bahan pertimbangan Bawasu Sumba Timur sebelum penetapan. Masukan dan tanggapan dapat disampaikan melalui surat elektronik, pesan singkat atau datang langsung ke Kantor Bawaslu Sumba Timur.” pintanya.

\n\n\n\n

Selanjutnya kata Anwar, peserta yang lulus seleksi administrasi akan megikuti tes tertulis berbasis komputer atau CAT (Computer Assisted Test) untuk menguji kompetensi yang bersangkutan.

\n\n\n\n

“390 orang yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes tertulis untuk di pilih 6 orang berdasarkan perangkingan yang paling tinggi sampai yang keenam untuk mengikuti tes wawancara. Dari hasil wawancara kami akan memilih 3 (tiga) peserta terbaik untuk ditetapkan sebagai Panwascam.” pungkas Anwar.

\n\n\n\n

Untuk diketahui, tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2022 yang bertempat di SMKN 2 Waingapu, Jl. Adam Malik, Kel. Kambajawa, Kota Waingapu, mulai pukul 08.00 wita sampai selesai. Sedangkan wawancara dilksanakan pada tanggal 18-22 Oktober 2022, bertempat di Kantor Bawaslu Sumba Timur, Jl. Pemuda No. 14 Kel. Matawai, Kec. Kota Waingapu.

\n\n\n\n

Selengkapnya, pengumuman hasil seleksi administrasi calon Panwascam dapat diunduh pada link berikut: https://sumbatimur.bawaslu.go.id/category/pengumuman/

\n\n\n\n

(Umbu Andu)

\n