Lompat ke isi utama

Berita

Umbu Hina Minta Jajaran Bawaslu Sumba Timur Siap Hadapi PHPU

Umbu Hina Minta Jajaran Bawaslu Sumba Timur Siap Hadapi PHPU

Hina Mehang Patalu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur (tengah) bersama anggota Yohanis Landi (kiri) dan Kepala Sekretariat Bawaslu Ermy Antonia (kanan) saat Rakernis Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilu 2024. (Foto : Humas Bawaslu Sumba Timur)

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur : Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu meminta jajaran sekretariat Bawaslu Sumba Timur untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu Dia katakan menyusul penetapan hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu malam, 20 Maret 2024.

“Saya amati ada calon DPD yang akan gugat hasil pemilu di MK, kita harus siap, dokumen hasil pengawasan diinventarisir dan dikumpulkan sebagai bahan keterangan tertulis di MK” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Umbu Hina ini menuturkan tiap tahapan pemilu di tangani oleh Divisi tertentu sehingga laporan hasil pengawasannya berada pada Divisi yang bersangkutan.

“Masing-masing Divisi sebagai Person In Charge (PIC) yang bertanggungjawab agar menyiapkan dokumennya untuk diramu. Perlu kesiapan secara kelembagaan, semua Divisi harus kolaborasi, “ucapnya saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilu di Aula Hotel Padadita Waingapu, Kamis (21/3/24).

Dalam pengumpulan laporan hasil pengawasan (LHP) tersebut, Umbu Hina meminta untuk memisahkan LHP Pilpres dan Pileg. Ini dikarenakan bedanya tahapan PHPU kedua jenis pemilihan tersebut di MK.

Perlu diketahui, Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilu ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu, Kepala Sekretariat, Para Kasubag serta staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur.

Turut mengundang juga sebagai narasumber yakni Umbu Padjaru Lombu, S.H,. M.H Dosen Hukum Univeritas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba dan pegiat pemilu Yeremias Salu, S.H.

 

Penulis dan Foto : Umbu Andu

Editor : Junaidin Wawo Seto