Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Penanganan Pelanggaran Pemilihan, Bawaslu Sumba Timur Gelar Rapat Bersama Panwascam

Perkuat Penanganan Pelanggaran Pemilihan, Bawaslu Sumba Timur Gelar Rapat Bersama Panwascam

Plh. Ketua Bawaslu Sumba Timur Yohanis Landi (dua dari kiri) saat membuka Rapat Penguatan Kapasitas Penanganan Pelanggaran Pemilihan Tahun 2024 di Aula SMUN 2 Waingapu, Rabu (04/9/2024) .

 

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur; Dalam upaya memperkuat fungsi pengawasan dan penindakan hukum dalam proses penanganan pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Bawaslu Kabupaten Sumba Timur melakukan Rapat Penguatan Kapasitan bagi jajaran Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Rabu (04/9/24) di Aula SMUN 2 Waingapu.

Plh. Ketua Bawaslu Sumba Timur Yohanis Landi berharap peserta mengikuti materi dengan seksama dan serius. Apalagi materi yang disampaikan erat terkaitannya dengan tugas pengawasan yang dilakukan.

"Kegiatan ini kita lakukan dalam 4 sesi dengan pemateri yang berbeda, untuk itu, semua aktif selama materi berlangsung," ungkap Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa itu dalam arahan pembukanya.

Yohanis Landi menjelaskan, tahapan pemilihan sudah masuk tahapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Selain itu, tahapan kampanye makin dekat sehingga melalui kegiatan ini Bawaslu memberikan pembekalan kepada jajaran Panwascam dalam penanganan pelanggaran pemilihan kedepan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Dia juga menekankan Panwascam hingga Pengawas Kelurahan/Desa agar upaya pencegahan tetap dilakakukan.

"Aktif melakukan pencegahan, sehingga kemungkinan pelanggaran yang akan terjadi dapat diminimalisir," jelasnya.

Yohanis Landi sekaligus mengingatkan Panwascam dalam bermedia sosial tetap pada koridor yang benar dan citra lembaga tetap dijaga.

"Hindari menggunakan diksi kata yang multi tafsir yang memancing publik berprasangka buruk terhadap kawan-kawan," tegasnya.

Sementara Anggota Bawaslu Sumba Timur Anwar Engga mengingatkan agar setiap Panwascam selalu berpegang teguh pada prinsip integritas dan profesionalisme. Dia mengajak Panwascam untuk mewujudkan penyelenggaraan Pilkada sesuai yang tertuang dalam regulasi yang ada.

"Saya berharap teman-teman Panwascam dan seluruh jajarannya mengambil peran dan melaksanakan pengawasan sebab panwascam merupakan garda terdepan,” tambah Anwar.

Hadir sebagai narasumber Advokat dan pegiat pemilu Yeremias Salu, S.H dan pemerhati pemilu  Denny Harakai, M.TH, serta Anggota Bawaslu Sumba Timur Yohanis Landi dan Anwar Engga.

(Umbu Andu)