Lompat ke isi utama

Berita

Maksimalkan Pelayanan Informasi Publik, Bawaslu Sumba Timur Tingkatkan Strategi Kehumasan

Maksimalkan Pelayanan Informasi Publik, Bawaslu Sumba Timur Tingkatkan Strategi Kehumasan
\n

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur Kewajiban lembaga publik dalam menyampaikan informasi publik adalah keharusan. Demikian hal ini ditegaskan dalam kegiatan Rapat Layanan Kehumasan Bawaslu Kabupaten Sumba Timur di Waingapu.

\n\n\n\n

Untuk memaksimalkan pelayanan informasi publik lembaga dengan strategi peningkatan fungsi kehumasan, Bawaslu Kabupaten Sumba Timur melaksanakan Rapat Layanan Kehumasan yang bertempat di ruang rapat sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Kamis (31/03/2022).

\n\n\n\n

Rapat Layanan Kehumasan ini di buka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga dan didampingi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba, masing-masing Hina Mehang Patalu dan Denny Harakai serta Koordinator sekretariat Bawaslu Sumba Timur, Christian Nataniel Heri Wulang.

\n\n\n\n

Dalam sambutan pembukaan Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur menyampaikan bahwa melalui kegiatan kehumasan ini dapat mencapai output yang diharapkan untuk bagaimana dapat meningkatkan peran media lembaga Bawaslu yang miliki untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

\n\n\n\n

“melalui kegiatan kehumasan ini kita dapat mencapai output yang kita harapkan untuk bagaimana kita bisa meningkatkan peran media yang kita miliki ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat”, kata Anwar.

\n\n\n\n

Lebih jauh dalam sambutannya menyampaikan bahwa dibandingkan kabupaten lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dimana aktifitas media sosial lembaga Bawaslu Kabupaten Sumba Timur masih terbilang rendah, sehingga hari ini diharapkan ada komitmen bersama bagaimana media sosial lembaga lebih digiatkan sehingga informasi-informasi yang akan disampaikan dapat semakin banyak, semakin lebih berkualitas, sehingga keberadaan lembaga kita ini juga bisa menjadi perhatian dari masyarakat.

\n\n\n\n

“dibandingkan kabupaten lain, aktifitas media sosial kita masih terbilang rendah, sehingga diharapkan komitmen bagaimana media sosial lembaga lebih digiatkan sehingga informasi yang disampaikan semakin banyak dan lebih berkualitas sehingga keberadaan lembaga menjadi perhatian masyarakat”, tegasnya.

\n\n\n\n

Dihadirkan sebagai Narasumber Hina Mehang Patalu (Anggota/Kordiv. Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga dan Christian Nataniel  Heri Wulang (Koordinator Sekretariat) serta peserta kegiatan adalah seluruh jajaran Staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur.

\n\n\n\n

Hina Mehang Patalu dalam dalam mengurai materinya, menyampaikan bahwa untuk mendorong tingkat maksimalisasi Pelayanan Informasi publik suatu lembaga maka perlu didukung oleh berbagai strategi, seperti peningkatan fungsi kerja kehumasan minimal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia bidang kehumasan dan kerja teknis bidang kehumasan, demikaian halnya pula berlaku di dalam lembaga Bawaslu Kabupaten Sumba Timur .

\n\n\n\n

“maksimalisasi layanan informasi publik lembaga, perlu strategi peningkatan fungsi kerja kehumasan seperti tingkat kualitas SDM dan kerja teknis kehumasan, demikaian hal juga berlaku di Bawaslu Kabupaten Sumba Timur”, jelasnya.

\n\n\n\n

Lebih lanjut menurutnya bahwa informasi Publik lembaga kini dapat cepat tersampaikan apabila kita dapat membaca peluang yang ada seperti kemampuan mengemas informasi, ketepatan waktu, dan penggunaan sarana atau media yang ada khususnya media sosial yang lagi tranding saat ini .

\n\n\n\n

“informasi Publik cepat tersampaikan apabila kita membaca peluang seperti kemampuan mengemas informasi, ketepatan waktu, dan penggunaan sarana atau media yang lagi trending”, ujar Hina.

\n\n\n\n

Menurutnya, dewasa ini pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari-hari cukup tinggi, sekitar 73,3% Penduduk Indonesia adalah Pengguna Internet, dan ini adalah potensi dalam penyampaian informasi publik dengan menggunakan sarana media sosial yang trending saat ini seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Tiktok.

\n\n\n\n

“Pengguna Internet penduduk Indonesia saat ini sekitar 73,3%, ini potensi dalam penyampaian informasi menggunakan media sosial trending saat ini seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Tiktok”, bebernya.

\n\n\n\n

Berita atau informasi publik melalui Website resmi lembaga termasuk termasuk media Sosial Facebook, Twitter, Youtube, dan Tiktok lembaga Bawaslu Kabupaten Sumba Timur agar dikemas dengan baik tujuannya supaya Informasi yang disampaikan dapat menarik maka pesan atau informasi yang disampaikan harus cepat dan mudah dipahami. ( Yohanis Landi )

\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n

\n"