Lompat ke isi utama

Berita

Hina : Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Akan Menjadi Kekuatan Besar Bagi Perjalanan Demokrasi

Hina : Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Akan Menjadi Kekuatan Besar Bagi Perjalanan Demokrasi
\n

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Sumba Timur dalam penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Sumba Timur melakukan kerjasama pengawasan partisipatif dengan melibatkan 17 organisasi sosial kemasyarakatan, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga resmi lainnya, bertempat di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Kamis (11/8/2022).

\n\n\n\n

Anggota Bawaslu Sumba Timur, Hina Mehang Patalu/Koordinator Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga mengatakan pengawasan pastisipatif merupakan kehendak Undang-Undang yang harus kita laksanakan bersama.

\n\n\n\n

“Pengawasan partisipatif bertujuan untuk mendorong aktifnya kegiatan demokrasi untuk semua proses Pemilu. Pengawasan tidak saja dilakukan oleh Pengawas Pemilu akan tetapi seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk mengawasi semua proses Pemilu tersebut. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.” Ujar Hina saat ditemui usai kegiatan terebut.

\n\n\n\n

Selain itu, program ini sengaja digagas sebagai upaya menciptakan pemilu yang  kondusif dan berintegritas karena dilaksanakan secara kolaborasi.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat menciptakan Pemilu yang bersih, damai dan berintegritas karena dilakukan secara kolaborasi antara penyelenggara pemilu, lembaga atau organisasi, peserta pemilu dan masyarakat. Peran masyarakat dalam pengawasan pemilu akan menjadi kekuatan besar bagi perjalanan demograsi kita," harap Hina.

\n\n\n\n

Dalam kerjasama tersebut, Bawaslu Sumba Timur juga melakukan deklarasi bersama dan penandatangan kerjasama dengan 17 lembaga di antaranya, Unkriswina Sumba, Dewan Pastoral Paroki (DPP) Sang Penebus Wara, Badan Pengurus Daerah Gereja Bethel Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumba Timur, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Sumba Timur, Pimpinan Muhammadiyah Sumba Timur, Pengurus Daerah Aisyiyah Sumba Timur, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Waingapu, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Cabang Sumba Timur, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Sumba Timur, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Waingapu, Himpunan Mahasiswa Selatan, Perhimpunan Mahasiswa Timur, Ikatan Pelajar Mahasiswa Tabundung-Pinupahar (IPMASTAP), Himpunan Pelajar Mahasiswa Haharu-Kanatang dan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Lewa. (Umbu Andu)

\n\n\n\nPenandatanganan MOU dengan salah satu Mitra Pengawasan Partisipatif (Foto Humas Bawaslu Kab. Sumba Timur)\n"