Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Segera Lakukan Perekrutan Calon Staf Panwascam Se-Kabupaten Sumba Timur

<strong>Bawaslu Sumba Timur Segera Lakukan Perekrutan Calon Staf Panwascam Se-Kabupaten Sumba Timur</strong>
\n

Waingapu, Bawslu Sumba Timur  –  Dalam rangka memberikan dukungan teknis bagi Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan pada pelaksanaan pengawasan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Sumba Timur akan melakukan perekrutan calon staf pelaksana teknis Non PNS/Pegawai Kontrak pada Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu Tahun 2024.

\n\n\n\n

Perekrutan staf teknis mengacu pada pasal 105 ayat 3 Peraturan Bawaslu No. 1 Tahun 2021 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jendral Badan Pengawas Pemilihan Umum, Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, dan Sekretariat Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, yang menyebutkan bahwa Pegawai pada Sekretariat Panwaslu Kecamatan diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota.

\n\n\n\n

Hal tersebut di pertegas dengan adanya surat Bawaslu Nusa Tenggara Timur Nomor : 219/KP.01.00/NT/11/2022, tertanggal 21 November 2022 perihal Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Perekrutan Staf Teknis Non PNS/Pegawai Kontrak Pada Sekretariat Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilu Serentak Tahun 2024.

\n\n\n\n

Jumlah staf pelaksana teknis yang akan direkrut sebanyak 66 orang,  dengan komposisi setiap kecamatan diisi oleh 3 orang staf yang nantinya bertugas mendukung tugas dan wewenang Sekretariat Panwaslu Kecamatan.

\n\n\n\n

Pengumuman dan pengambilan berkas pendaftaran dimulai hari ini Rabu tanggal 23 – 27 November 2022, sedangkan pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran peserta atau calon staf teknis sekretariat Panwaslu Kecamatan akan dibuka mulai tanggal 28 sampai dengan 30 November 2022. Kemudian hasil seleksi administrasi pendaftar akan diumumkan pada tanggal 5 Desember 2022.

\n\n\n\n

Para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi tes tertulis dengan metode CAT (Computer Assisted Test) dan wawancara. Sesuai jadwal, pelaksanaan tes tertulis akan dilaksanakan tanggal 6-7 Desember 2022, sedangkan tes wawancara dilaksankan tanggal 9-10 Desember 2022.

\n\n\n\n

Koordinator Sekretariat Bawaslu Sumba Timur Christian N.H. Wulang, SP saat rapat persiapan perekrutan staf teknis Sekretariat Pawascam di Kantor Bawaslu Sumba Timur, Selasa (22/11/2022) mengatakan, staf teknis yang akan direkrut haruslah memiliki keahlian dalam mengoperasikan komputer karena semua dokumen untuk menunjang pekerjaan Panwascam dikerjakan melalui komputer, sehingga melalui seleksi tes tertulis dengan CAT merupakan kesempatan untuk milihat secara langsung kemampuan yang bersangkutan.

\n\n\n\n

“Ini adalah terobosan baru yang dilakukan oleh Bawaslu, seleksi dengan menggunakn CAT merupakan langkah yang tepat karena apa yang di cantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup pendaftar akan teruji saat tes. Sebelumnya perekrutan staf hanya dengan wawancara saja, nah Pemilu 2024 kali ini kita menyeleksi lewat CAT kemudian peserta yang lulus CAT akan mengikuti tes wawancara.” ungkap Christian.

\n\n\n\n

“Bahkan pada saat tes wawancara nanti lanjut Chris, peserta bisa saja akan diuji kembali cara menggunakan MS Word, MS Exel, dan MS Power Point sehingga pada saat kita menetapkan staf teknis, harus yang benar-benar paham tentang komputer.” terang Chris

\n\n\n\n

“Untuk menunjang kegiatan pelaksanaan tes tertulis nantinya, maka masing-masing peserta yang akan mengikuti tes tertulis diwajibkan untuk membawa laptop dan HP berbasis androit.” tambahnya lagi.

\n\n\n\n

Formolir pendaftaran calon staf Panwascam dapat diunduh pada link: https://sumbatimur.bawaslu.go.id/category/pengumuman/ atau dapat diperoleh dengan mendatangi langsung Kantor Bawaslu Sumba Timur, Jalan Pemuda No. 14 Kel. Matawai, Kec. Kota Waingapu.

\n\n\n\n

(Umbu Andu)

\n"