Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Lakukan Pengawasan Verifikasi Faktual 4 Partai Politik di Hari Pertama

Bawaslu Sumba Timur Lakukan Pengawasan Verifikasi Faktual 4 Partai Politik di Hari Pertama
\n

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik oleh KPU Kabupaten Sumba Timur yang mencakup Verifikasi Faktual Kepengurusan, Keterwakilan Perempuan dalam Kepengurusan dan Kantor atau Sekretariat Partai Politik telah dimulai hari ini di Kabupaten Sumba Timur, Minggu (16/10/2022).

\n\n\n\n

Proses Verifikasi Faktual Partai Politik di Kabupaten Sumba Timur ini mendapat Pengawasan secara langsung oleh Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur.

\n\n\n\n

Sehari sebelumnya Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE dalam rapat internal Persiapan Verifikasi Faktual Partai Politik di Kabupaten Sumba Timur mengatakan berdasarkan hasil Rapat koordinasi dengan KPU Kabupaten Sumba Timur proses Verifikasi Faktual terhadap 8 Partai Politik direncanakan dua hari yaitu tanggal 16-17 Oktober 2022.

\n\n\n\n

“hasil Rapat koordinasi dengan KPU Sumba Timur siang tadi, Verfak 8 Parpol rencana 2 hari, tanggal 16-17 Oktober 2022”, jelasnya.

\n\n\n\n

Pada kesempatan rapat yang sama dikatakan hari pertama tanggal 16 Oktober 2022 akan dilaksanakan Verifikasi Faktual terhadap 4 Partai Politik dan dihari kedua tanggal 17 Oktober 2022 juga terhadap 4 Partai Politik lainnya.

\n\n\n\n

“Verfak hari pertama 4 Parpol dan hari kedua juga 4 Parpol”, ungkapnya

\n\n\n\n

Verifikasi Faktual pada hari pertama terhadap 4 Partai Politik di Kabupaten Sumba Timur tersebut meliputi yaitu Partah Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Ummat.

\n\n\n\n

Koordinator Divisi SDMO dan Datin Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, ini mengatakan bahwa Tim Verifikasi Partai Politik oleh KPU Kabupaten Sumba Timur dihari pertama membagi empat Tim Verifikator maka Bawaslu Kabupaten Sumba Timur menyesuaikan dengan membentuk empat Tim Pengawasan pula.

\n\n\n\n

“KPU Sumba Timur membagi 4 Tim Verifikator, dan Kita Bawaslu Menyesuaikan 4 Tim Pengawasan pula”, tukasnya.

\n\n\n\n

Untuk Diketahui, di kabupaten Sumba Timur Partai Politik yang akan dilakukan Verifikasi Faktual oleh KPU Kabupaten Sumba Timur sejumlah 8 Partai Politik, yakni Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

\n\n\n\n

( Yohanis Landi )

\n