Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sumba Timur Gagas ‘Bawaslu Mendengar’ Dalam Kegiatan  Jumat Curhat Bersama Polres

Bawaslu Sumba Timur Gagas ‘Bawaslu Mendengar’ Dalam Kegiatan  Jumat Curhat Bersama Polres</strong>

Sharing bersama Antara Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dan Polres Sumba Timur, bertempat di Ruang Sentra Gakkumdu Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Jumat (20/1/2023). Doc. Foto : Humas Bawaslu Kabupaten Sumba Timur

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur melakukan sharing bersama Kepolisian Resort Sumba Timur terkait isu dan permasalahan dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024.

Sharing bersama ini disisi Bawaslu sebagai media bertukar informasi dan harapan dengan pihak Kepolisian dalam hal ini polres Sumba Timur dan di sisi Polres Sumba Timur menjadi media dan tujuan yang sama yang dikemas dalam bentuk kegiatan ‘Jumat Curhat’.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Bawaslu Kabupaten Sumba Timur yang berlangsung beberapa hari lalu pada Jumat (20/1/2023).

Dalam kegiatan ini dari pihak Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sumba Timur Anwar Engga dan Anggota Bawaslu Sumba Timur Hina Mehang Patalu serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Sumba Timur Christian Nataniel Heri Wulang bersama seluruh jajaran Staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur.

Sedangan dari pihak Polres Sumba Sumba Timur di hadiri oleh Kepala Satuan (Kasat) Intelkam Polres Sumba Timur Iptu. Gaspar Keda, Kanit Satuan Intelkam Bidang Politik Aipda Fery Male Here, Anggota Sat Intelkam Faisal Yusuf dan Anggota Sat Intelkam Achmad F. Abubakar.

Kasat Intelkam Polres Sumba Timur Iptu. Gaspar Keda mengatakan dari sisinya dimana kegiatan ‘Jumat Curhat’ sesungguhnya merupakan Program Polda NTT yang bertujuan untuk menggali informasi dari masyarakat maupun stake holder melalui Tanggapan Masyarakat untuk menghadapi Pemilihan Umum serentak tahun 2024 akan datang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Anwar Engga mengatakan kegiatan ini adalah baik adanya dan akan lebih baik lagi apabila dapat berjalan Kontinue, khususnya dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

“kegiatan ini baik adanya, dan harapannya dapat kontinue”, tandas Anwar.

Menurut Koordinator Divisi SDMO dan Datin Bawaslu Kabupaten Sumba Timur bahwa kegiatan ini dapat membawa manfaat bersama ke depannya dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024.

Lebih lanjut menurutnya Koordinasi dan sharing semacam ini baik dan penting apalagi dapat lebih banyak menghadirkan simpul masyarakat atau srakeholder duduk dan sharing informasi dan pengetahuan terkait regulasi Kepemiluan yang berlaku kepada simpul masyarakat atau stakeholder dan hal itu sebagai antisipasi dini dalam upaya mitigasi potensi rawan pada pemilu serentak tahun 2024

Upaya-upaya koordinasi dan sharing bersama Polres Sumba Timur dengan menghadirkan lebih banyak simpul masyarakat dan banyak pihak termasuh menghadirkan Partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten Sumba Timur, yang dapat juga difasilitasi oleh Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dengan menghadirkan Kapolres Sumba Timur sebagai Narasumber.

Pada kesempatan yang sama hal senada juga disampaikan Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Hina Mehang Patalu yang mengatakan harapan ke depannya agar dapat menghadirkan lebih banyak multi pihak atau stakeholder representative lagi termasuk juga mengundang Partai Politik untuk ada bersama dengan Kapolres Sumba Timur dan Bawaslu Kabupaten Sumba Timur duduk dalam diskusi atau sharing bersama seperti ini.

Menurut Hina, Bawaslu dapat memfasilitasi kegiatan diskusi atau sharing bersama seperti ini dengan mengambil thema ‘Bawaslu Mendengar’ untuk curhat bersama , sehingga kapolres dan Bawaslu dapat mendengar tetapi terfokus pada khusus terkait Pemilihat umum serentak 2024.

“kita hadirkan lebih banyak, lebih representative termasuk Parpol untuk curhat bersama , jadi Kapolres dan Bawaslu dapat mendengar tetapi focus kita khusus pemilu 2024”, tandasnya

Dikatakan juga khusus akan diajak adalah mereka yang berkemampuan atau berpotensi dalam mencegah konflik dan pelanggaran serta termasuk juga mereka yang berpotensi untuk melakukan pelanggaran atau juga menciptakan konflik.

 

 

Penulis dan Foto : Yohanis Landi

Editor : Junaidin Wawo Seto