Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Harap Ada Strategi Baru Optimalisasi Akurasi Update DPB Tahun 2021

Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Harap Ada Strategi Baru Optimalisasi Akurasi Update DPB Tahun 2021
\n

Waingapu, Bawaslu Kabupaten Sumba Timur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur, kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan II yaitu periode Bulan Maret hingga Juni 2021.

\n\n\n\n

Rakor yang di pimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur Oktavianus Landi, ST dan di damping para Anggota ini dilaksanakan di Aula Rapat KPU Kapupaten Sumba Timur, Senin (1/7/2021).

\n\n\n\n

Hadir lengkap dalam rapat kordinasi dan rekapitulasi DPB Triwulan II ini Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Anwar Engga, SE, Hina Mehang Patalu, SE dan Denny Harakai, M.Th.

\n\n\n\n

Selain itu hadir juga unsur instansi dari Kepolisisan (Polres Sumba Timur), TNI (Kodim 1601 Sumba Timur), Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Timur, Dinas Kependudukan dan Capil, unsur RS Umum Rara Meha, unsur RS Lindimara , dan unsur RS Imanuel.

\n\n\n\n

Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi, ST mengatakan bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) kali ini merupakan Rakor untuk mengudate data pemilih dalam DPB Triwulan II periode bulan Maret hingga Juni 2021.

\n\n\n\n

“Kegiatan ini merupakan Rakor DPB Triwulan II periode Maret sampai Juni 2021”, jelas Okta

\n\n\n\n

Lebih lanjut menurut Okta, bila KPU akan meminta dukungan multipihak untuk membantu memberikan masukan sehingga kedepannya KPU akan terus meng-update DPB tahun 2021. Untuk itu KPU telah menyediakan googlefom untuk masyarakat dapat mengakses guna perbaikan DPB, sehingga diharapkan semua pihak yang hadir dalam rakor dapat juga membantu menyebarkan googleform tersebut.

\n\n\n\n

“KPU sudah menyiapkan googleform untuk dapat diakses masyarakat, kami harap yang hadir juga sekarang dapat membantu menyebarkan ke Masyarakat”, ujarnya.

\n\n\n\n

Dalam Rakor ini Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Anwar Engga, SE juga mengharapkan agar semua pihak baik itu masyarakat maupun unsur instansi yang hadir dalam rakor tersebut dapat berperan untuk mendukung menyukseskan perbaikan Data pemilih secara berkelanjutan.

\n\n\n\n

“semua pihak baik kita unsur instansi disini maupun masyarakat diluar untuk harus berperan dalam mesukseskan perbaikan dan peng-updetan data pemilih berkelanjutan”, harap Anwar

\n\n\n\n

Pada kesempatan yang sama dalam rakor tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu, SE menyampaikan bahwa sosialisasi, publikasi dan Koordinasi multipihak sangat penting dalam memperbaiki data pemilih berkelanjutan.

\n\n\n\n

“koordinasi multipihak seperti sekarang dan sosialisasi dan publikasi menjadi point penting dalam mengsukseskan DPB”, tegas Hina

\n\n\n\n

Selain itu diharapkan KPU Kabupaten Sumba Timur dapat membangun suatu strategi baru untuk mengoptimalkan akurasi data pemilih untuk perbaikan dan update DPB tahun 2021, seperti dapat bekerja sama atau berkoordinasi dengan panitia penyelenggara pemilihan kepala desa seluruh kabupaten Sumba Timur yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa tahun 2021 melalui Pemerintah Kabupaten Sumba Timur atau melalui BPMD guna mendapatkan data pemilih pasca pemilihan Kepala untuk dapat digunakan atau disandingkan dengan data pemilih yang ada untuk kepentingan perbaikan DPB ke depannya.

\n\n\n\n

“KPUD coba membangun strategi baru, misalnya kerja sama dan koordinasi dengan panitia pemilihan kepala desa melalui Pemerintah Kabupaten Sumba Timur atau melalui BPMD  untuk mendapatkan data pemilih yang akurat”, jelasnya.

\n\n\n\n

Menurut Kordiv pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Sumba Timur ini mengatakan berdasarkan informasi bahwa ada 100 desa di Kabupaten Sumba Timur yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa tahun 2021 dan diyakini datanya pasti akurat sehingga KPU dapat membangun komunikasi dengan Panitia pemilihan Kepala Desa.

\n\n\n\n

“saya yakin data pemilihan Kepala Desa itu akurat, jadi mari KPU dapat membangun komunikasi dengan mereka Panitia sudah pasti melalui Pemda atau BPMD Kabupaten Sumba Timur”, bebernya.

\n\n\n\n

Pada Rakor DPB Triwulan II ini, semua peserta mengharapkan dalam proses perbaikan dan update Data Pemilih Berkelanjutan dapat berhasil akurat dan sukses. Yohanis Landi

\n