Lompat ke isi utama

Berita

8 OKP Ikut Sosialisasisasi Pengawasasan Partisipatif Bawaslu Sumba Timur

8 OKP Ikut Sosialisasisasi Pengawasasan Partisipatif Bawaslu Sumba Timur
\n

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Sejumlah Delapan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Kabupaten Sumba Timur mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partispatif dalam rangka Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur di Waingapu, Kamis (3/11/2022).

\n\n\n\n

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini direncanakan akan berlangsung selama 2 hari, yakni Kamis 03 November hingga Jumat 04 November 2022.

\n\n\n\n

Adapun ke 8 Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yakni, GMKI Cabang Waingapu, GMNI Cabang Waingapu, PMKRI Cabang Waingapu, IPMASTAP, HIMAS, PERMASTI, IKPML dan HIPMAHKAN serta Perwakilan mahasiswa Unkriswina Sumba.

\n\n\n\n

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partispatif dalam rangka Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 ini dibuka oleh PLH. Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur merapkap Anggota, Hina Mehang Patalu yang di damping oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Denny Harakai.

\n\n\n\n

Dihadirkan sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi ini yakni: Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Hina Mehang Patalu, SE dengan materi ‘Strategi Pencegahan dalam setiap tahapan pemilu serentak tahun 2024’, dan materi berikutnya dengn tema ‘Jarimu Awasi Pemilu’; selanjutnya narumber kedua dari Anggota KPU Kabupaten Sumba Timur, Marthen Tanggurami, SE dengan materi dengan ‘Peran Pemuda/Mahasiswa dalam menyukseskan Pemilu serentak tahun 2024’; dan  narasumber ketiga adalah Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Denny Harakai, S.Th dengan materi ‘Partisipasi Masyarakat dalam Pelaporan Pelanggaran Pemilu’.

\n\n\n\n

Dalam memberikan Sambutan Pembukaan, PLH. Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur menekankan agar hasil diakhir kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini dapat mencapai Output bersama antara Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dan 8 OKP yang hadir.

\n\n\n\n

“diakhir kegiatan kita harapkan dapat mencapai output bersama”, tukasnya.

\n\n\n\n

Selain itu disampaikan juga informasi bahwa saat ini Bawaslu Kabupaten Sumba Timur telah membentuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) sebagai Pengawas Adhoc ditingkat Kecamatan.

\n\n\n\n

“saat ini Bawaslu  Kabupaten Sumba Timur telah memiliki panwascam sebagai pengawas Adhoc di tingkat Kecamatan”, ujarnya

\n\n\n\n

Lebih lanjut dikatakan setelah dicapai output bersama dimana delapan OKP mitra tersebut dapat membangun komunikasi dan kordinasi Pengawasan seperti sharing informasi bersama dengan Panwascam ketika ada kegiatan OKP di tingkat kecamatan.

\n\n\n\n

“ketika ada kegiatan OKP di kecamatan, dapat berkomunikasi dan Kordinasi Pengawasan seperti sharing informasi dengan Panwascam”, tandasnya

\n\n\n\n

Salah satu point penting yang diharapkan Bawaslu Kabupaten Sumba Timur melalui kegiatan Sosialisasi Pengawasan partisipatif kepada OKP dimana dapat bersama dapat melahirkan suatu Komunitas digital untuk membantu pengawasan khususnya pengawasan partisipatif dan mengkampanyekan edukasi kepemiluan khususnya pengawasan kepemiluan. ( Yohanis Landi )

\n